5 Gedung Tertinggi Di Dunia

Selasa, 18 Oktober 2016

1. Burj Khalifa, Dubai


Saking Tingginya Saat Bulan Puasa Antara Puncak dan Dasar Gedung Memiliki Waktu Berbuka yang Berbeda

Berada di Dubai, Uni Emirat Arab sebuah bangunan pencakar langit bernama Burj Khalifa dengan tinggi 828 meter menjadikannya bangunan tertinggi di Asia sekaligus di dunia. Konstruksi bangunan yang menjulang tinggi ke langit ini dimulai pada tanggal 21 September 2004 dan baru dibuka secara resmi pada tanggal 4 Januari 2010 silam.

Arsitektur menara dirancang oleh Skidmore, Owings and Merrill dari Chicago. Dimana Adrian Smith yang menjadi kepala arsitek bangunan megah ini. Bangunan yang juga menjadi salah satu latar film Mission Impossible 4, Ghost Protocol yang dibintangi artis kawakan Tom Cruise ini memiliki 163 lantai ditambah 46 tingkat pemeliharaan di puncak menara dan 2 tingkat di ruang bawah tanah sebagai tempat parkir.

2. Shanghai Tower, Tiongkok


Dibangun Dalam Upaya Pemecahan Rekor Gedung Tertinggi di Tiongkok

Shanghai Tower, sebuah mega proyek yang masih dalam tahap pengerjaan ini dibangun dalam misi memecahkan rekor bangunan tertinggi di Tiongkok. Dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai, Tiongkok, gedung 121 lantai ini diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2015. Pekerjaan konstruksi bangunan ini dimulai pada bulan November 2008 dan akan memiliki ketinggian 632 meter.

Dengan total luas bangunan sekitar 380.000 meter persegi rencananya bangunan ini akan menampung sebanyak 16.000 orang setiap harinya. Lantai 84 hingga 110 yang menjadi area Hotel Four Season dengan 320 kamarnya digadang-gadang akan menjadi hotel tertinggi di dunia. Menariknya lagi gedung ini akan memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 59 meter per detik.

3. Abraj Al Bait, Arab Saudi


Gedung Pencakar Langit di Dekat Masjidil Haram

Memiliki nama lain Mekkah Royal Hotel Clock Tower, Abraj Al Bait sejatinya adalah sebuah kompleks bangunan milik pemerintah di Mekkah, Arab Saudi yang dibangun dibawah Raja Abdul Aziz Endowment Project. Bangunan 601 meter ini dibangun setelah melakukan pembongkaran terhadap Benteng Ajyad. Lokasi dibangunnya gedung ini hanya berjarak beberapa meter saja dari masjid terbesar umat islam, Masjidil Haram.

Bangunan ini terdiri dari 120 lantai yang dilengkapi dengan ruang untuk beribadah yang dapat menampung jemaah sebanyak 10.000 orang. Di dalamnya juga terdapt mall lima lantai untuk keperluan belanja dan dipuncaknya dipasangi jam raksasa yang menjadikannya menara jam tertinggi di dunia hasil rancangan arsitek Jerman, Mahmoud Bodo Rasch.


4. Taipei 101, Taiwan


Pencakar Langit Berbentuk Pagoda Tertinggi di Dunia

Taiwan memiliki landmark yang begitu megah yang disematkan pada bangunan pencakar langitnya yang bernama Taipei 101. Bangunan yang dikenal juga dengan sebutan Taipei World Financial Center ini terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Desainnya yang unik menyerupai pagoda ini dikembangkan oleh CY Lee dan mitra yang terinspirasi dari arsitektur tradisional Tiongkok.

Secara keseluruhan Taipei 101 memiliki 106 lantai yang terdiri dari 101 lantai ke atas dan 5 lantai ke bawah dengan tinggi puncaknya 601 meter. Hebatnya meski menjadi bangunan tertinggi keempat di Asia, bangunan ini menggunakan sumber tenaga hemat energi. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari LEED Platinum sebagai bangunan hemat energi tertinggi dan terbesar di dunia.


5. Shanghai World Financial Center, Tiongkok


Pencakar Langit Saingannya Shanghai Tower

Sama-sama dari negeri Tirai Bambu, Shanghai World Financial Center bisa disebut gedung pencakar langit yang menjadi sebab dibangunnya Shanghai Tower. Bangunan ini adalah sebuah pencakar langit raksasa yang terletak di distrik Pudong Shanghai, Tiongkok.Sebelum Shanghai Tower resmi digunakan pada tahun 2015 mendatang, gedung yang memiliki tinggi 492 meter ini masih akan menjadi gedung tertinggi di negara itu.

Perancang gedung ini adalah Kohn Pedersen Fox dan dikembangkan oleh Mori Building Company. Bangunan ini dikembangkan demi keperluan seperti kantor, hotel, ruang konferensi, dek observasi, dan pusat perbelanjaan di lantai dasar. Jadi tujuan utama pembangunan gedung ini adalah menciptakan semua fasilitas dalam satu gedung agar lebih praktis.

Itulah kelima besar gedung pencakar langit tertinggi di Asia. Dengan arsitektur yang mutakhir dan dekorasi yang begitu indah semoga dapat menjadi inspirasi para insinyur dalam negeri untuk berkarya. Andaikan kalian mendapat kesempatan tinggal di puncak salah satu menara tersebut, apakah Anda berani?