5 Klub Sepak Bola Terkaya

Selasa, 18 Oktober 2016

1. Real Madrid
Klub asal Spanyol yang baru saja menjuarai Liga Champions Eropa masih menjadi klub terkaya di dunia. Mereka meraup keuntungan dari sponsor, siaran langsung, penjualan tiket, dan juga penjualan aksesoris. Di kabarkan keuntungan bersih klub dengan jersey putih ini pada tahun 2016 sebesar £2,52 milliar.

Klub ini memang tidak dimiliki oleh perorangan, sebab klub Real Madrid tidak dijual untuk perorangan, tetapi oleh para penyumbang modal atau yang dikenal dengan ‘Socios.’ Mereka diharuskan untuk membayar iuran klub setiap bulannya.

Real Madrid memang dikenal sebagai klub yang bertabur bintang seperti Gareth bale, Christiano Ronaldo, Karim Benzema, Toni Kroos, Keylor Navas, Sergio Ramos, Varane, Arbeloa, James Rodriguez dan Jese Rodriguez. Klub ini saat ini ditukangi oleh Zinedine Zidane.

2. Barcelona

Klub sepakbola terkaya ke dua di dunia, merupakan rival abadi Real Madrid, Barcelona. Barcelona memupukan pendapatan di 2016 dengan keuntungan £ 2,46 milliar. Pendapatan tersebut di peroleh dari sponsor, iklan, penjualan tiket, siaran langsung klub, dan penjualan aksesoris tim.

Barcelona juga tidak dimiliki oleh peroangan, mereka sama dengan Real Madrid yang dimiliki oleh para pemegang saham atau disebut dengan ‘Socios’

Klub yang di arsiteki oleh Luis Enrique ini juga memiliki pemain-pemain terbaik dunia seperti Lionel Messi, Neymar Jr, Pique, Jordi Alba, Dani Alves, Luis Suarez, dan Pedro. Barcelona juga tidak memiliki pemilik per orangan, mereka sama dengan Real Madrid.

3. Manchester United

Di urutan ketiga klub terkaya di dunia datang dari Liga Inggris, Manchester United. Klub yang baru saja menandatangani kontrak pelatih Baru Jose Mourinho ini di 2016 mendapatkan pendapatan hingga £ 2,30 milliar .

Pendapatan mereka peroleh dari siaran langsung, tiket, sponsor, dan penjualan aksesoris klub. MU memang di musim ini tidak sebak musim-musim sebelumnya. Bahkan banyak yang mengatakan MU di musim ini terperosok. Di musim 2015-2016 saja MU hanya berada di posisi kelima. Klub yang dimiliki oleh Malcolm Glazer ini sebenarnya memiliki skuat terbaik. Entah mengapa MU tidak dapat berada di posisi tiga besar seperti musim sebelumnya.

Skuat MU di musim 2015-2016 adalah David De Gea, Rafael, Luke Shaw, Marcos Rojo, Jonny Evans, Angel Di Maria,  Juan Mata, Wayne Rooney, Javier Hernandez, Robin Van Persie, Andreas pereira, dan Marouane Fellaini.

4. Bayern Munich
Bayern Munchen menjadi klub asal Jerman yang meraup keuntungan di tahun 2016 mencapai £ 1,85 milliar. Klub yang di manageri oleh Pep Guardiola mendapat keuntungan mereka dari sponsor, hak siar, penjualan tiket, dan penjualan aksesoris. Saat ini klub Jerman ini di presideni oleh Kar Kopfner.

Banyak pemain bintang yang ada di Munchen, sebut saja Xabi alonso, Frank Riberry, Robert Lewandowski, Thomas Muller, Ivan Lucic, Javi Martinez, Manuel Neuer, Arjen Robben, Philip Lahm, dan Sinan Kurt.

5. Arsenal

Arsenal menjadi klub kedua dari Liga Inggris yang memasuki jajaran lima besar klub sepak bola terkaya di dunia. Arsenal di musim 2015-2016 meraup keuntungan £ 1,40 milliar. The Gunners sebutan Arsenal. Arsenal dimiliki oleh Stan Kroenke, Kroenke merupakan konglongmerat asal Paman Sam, Amerika Serikat.

Arsenal mendapatkan keuntungan dari hak siar, sponsor, dan penjualan tiket. Meskipun tiket Stadion Emirates, kandang Arsenal dapat dikatakan sebagai stadion di Inggris dengan tiket termahal.  Arsenal memiliki skuat bintang seperti Mesut Ozil, Olivier Giroud, Theo Walcott, Isaac Hayden, Jon Toral, Granit Xhaka, Mathieu Flamini, Keran Gibbs, Alexis Sanches, dan Thomas Rosicky.